top of page

Budaya Jepang Pakai Lampu Hazard untuk Bilang Terima Kasih

Saat mengendarai mobil, cara berkomunikasi dengan kendaraan lain bisa adalah dengan klakson dan lampu. Namun, ada salah satu kebiasaan yang unik yakni menggunakan lampu hazard untuk berterima kasih.


Seperti video yang beredar di media sosial yang memperlihatkan mobil menggunakan lampu hazard setelah diberikan jalan oleh mobil lain. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @rodapapat, Minggu (3/12/2023), dikatakan bahwa kebiasaan tersebut dilakukan oleh orang Jepang.


Mungkin cara ini sedikit asing di Indonesia atau di negara lain, tetapi di Negeri Sakura, cara tersebut sudah menjadi bagian dalam budaya berkendara. Ketika mobil ingin meminta jalan di sebuah persimpangan atau jalan, lampu hazard secara singkat sebanyak satu atau dua kali kedip akan dinyalakan oleh pemilik kendaraan sebagai tanda terima kasih ketika sudah diberikan jalan.


Lantas, apakah budaya berkendara di Jepang tersebut aman untuk ditiru oleh pengendara di Indonesia? Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, saat ini memang banyak metode safety yang dilakukan di negara tetangga tetapi tidak sesuai dengan kaidah yang baku.



bottom of page