top of page

Biaya Sekolah di Jepang



‘Biaya sekolah di Jepang’ berisi informasi biaya sekolah SMA di Jepang dan biaya Sekolah Bahasa Jepang di Jepang. Penjelasan hanya dibatasi pada sekolah yang dapat menerima pendaftaran pelajar dari Indonesia. Di Jepang, semua SMA negeri tidak menerima pendaftaran pelajar (siswa atau murid) dari luar negeri. Tidak semua SMA swasta dapat menerima pelajar asing. Sebaliknya, semua sekolah Bahasa Jepang di Jepang dapat menerima pendaftaran pelajar asing.


SMA di Jepang yang dapat menerima pendaftaran pelajar dari Indonesia dan menjadi mitra Japan Indonesia Network: SMA Sendai Ikuei Gakuen. Sekolah Bahasa Jepang di Jepang yang dapat menerima pelajar dari Indonesia dan menjadi mitra JIN ada banyak dan berada di hampir semua kota besar di Jepang. Daftar sekolah Bahasa Jepang tersebut dapat dilihat di halaman mitra JIN di Jepang (klik di sini).


BIAYA SEKOLAH SMA DI JEPANG




Di Jepang, biaya sekolah/spp di SMA swasta lebih mahal daripada di SMA negeri. Biaya sekolah di SMA swasta berbeda-beda tergantung kurikulum, kegiatan ekstra, lokasi SMA, peringkat dan reputasi SMA, biaya asrama, biaya makan, dll. Utk tahun 2018, termasuk biaya asrama dan makan pagi serta malam di asrama, biaya sekolah SMA di Sendai Ikuei Gakuen pada 1 tahun pertama sebesar sekitar 1,69 juta yen. Biaya pada tahun ke-2 dan ke-3 masing-masing 1,25 juta yen. Perhitungan biaya diperlihatkan pada tabel 1 di bawah ini.


Tabel 1. Biaya  Sekolah di Jepang – SMA Sendai Ikuei Gakuen.


BIAYA SEKOLAH BAHASA JEPANG DI JEPANG



Di Jepang ada lebih dari 600 sekolah Bahasa Jepang yang dapat menerima pelajar asing. Biaya sekolah di semua sekolah Bahasa Jepang di Jepang kira-kira sama. Biaya sekolah per-tahun (dua semester) sebagian besar antara 750.000 sampai 800.000 yen. Biaya sekolah ini biasanya tidak berubah dari tahun ke tahun. Bila dijadikan rupiah, biaya sekolah dapat menjadi lebih murah atau lebih mahal tergantung nilai tukar yen ke rupiah. Tahun ajaran di Jepang dimulasi setiap bulan April, bila masuk mulai April, sekolah bahasa selama 2 tahun. Bila masuk Oktober, sekolah bahasa selama 1,5 tahun. Di bawah ini perhitungan biaya sekolah Bahasa Jepang di Jepang bila sekolah selama 1,5 tahun (3 semester) atau selama 2 tahun (4 semester).


Tabel 2. Biaya  Sekolah di Jepang – Sekolah Bahasa Jepang di Jepang selama 1,5 tahun (3 semester). Untuk mempermudah perhitungan digunakan biaya per tahun 800.000 Yen.




Tabel 3. Biaya  Sekolah di Jepang – Sekolah Bahasa Jepang di Jepang selama 2 tahun (4 semester). Untuk mempermudah perhitungan digunakan biaya per tahun 800.000 Yen.



Biaya sekolah di Jepang untuk SMA dan sekolah Bahasa Jepang yang dijelaskan di atas merupakan gambaran umum. Selain biaya sekolah, pelajar yang sekolah di Jepang juga menyiapkan biaya hidup. Biaya hidup di Jepang untuk makan-minum, kebutuhan sehari-hari, transportasi dan hiburan per-bulan sekitar 60 ribu sampai 120 ribu yen (antara 7 juta sampai 14 juta rupiah). Tergantung gaya hidup, biaya per bulan mungkin lebih murah, mungkin akan lebih mahal. Untuk membuat perhitungan secara detail, anda atau putra-putri anda dapat konsultasi dengan JIN.


Wujudkan impian belajar, sekolah, kuliah, bekerja, ataupun tinggal di Jepang, dengan menghubungi JIN di info@jin.co.id, Tel/WA 0812-1477-937, LINE jin_office atau follow facebook dan instagram kami japan.indonesia.network Sumber : jin.co.id

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Jepang, AS, Korsel Diskusikan Pergerakan Mata Uang

Para menteri keuangan Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menyatakan akan terus berkonsultasi erat mengenai perkembangan pasar valuta asing. Komentar tersebut disampaikan setelah mata uang yen

bottom of page