top of page

Berapa sih Rata-Rata Gaji Lulusan Fresh Grad dari China?



Seiring banyaknya perusahaan China yang membuka cabang di Indonesia atau bekerja sama dengan perusahaan lokal, semakin dibutuhkan pula SDM yang menguasai bahasa mandarin. Berdasarkan survey, posisi yang sering di butuhkan adalah Penerjemah, Admin, Human Resources, Personal Assistant, Sales, Accounting / Finance dll.


Untuk posisi-posisi tsb., banyak perusahaan juga menerima pelamar yang baru lulus atau fresh graduates. Peluang ini sangat menguntungkan bagi para fresh graduates yang sedang mencari kerja dan ingin tetap dapat menggunakan bahasa Mandarin mereka.


Namun hal yang sering kali terdengar memusingkan bagi para fresh grad adalah masalah gaji, ya benar, menegosiasi gaji bisa jadi hal yang memusingkan, apalagi disaat kandidat tidak mengetahui standar-standar yang berlaku di pasaran.

Maka dari itu tim pintukarir menjalankan survey terkait gaji utk fresh grad yang mungkin bisa membantu para pelamar kerja dalam proses pelamarannya.



Sumber: HRI research

* gaji untuk posisi sales belum termasuk komisi

** Fresh Grad from Indonesia diasumsikan tidak menguasai bahasa mandarin

*** Range gaji diatas adalah range gaji disaat kandidat melamar ke perusahaan yang berhubungan dengan China


Dari tabel diatas, bisa terlihat bahwa kemampuan bahasa mandarin bisa menjadi nilai plus dan bisa membawa dampak kenaikan gaji yang cukup signifikan bagi para pelamar. Disamping itu bisa dilihat juga bahwa posisi Finance & Accounting adalah posisi yang mungkin sangat dibutuhkan (melihat dari range gaji yang cukup tinggi dibanding posisi lainnya) di perusahaan-perusahaan China yang ada di Indonesia sekarang ini.


Dari hasil riset ini, bisa disimpulkan bahwa menguasai mahir bahasa mandarin dan memilih bidang spesialisasi yang tepat semasa kuliah akan sangat menguntungkan terhadap proses pencarian kerja & juga offer gaji bagi para fresh grad. Sudahkah kamu serius belajar menguasai bahasa mandarin semasa sekolah?


Sumber : Pintukarir


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page