top of page

Bentuk Dunia Baru, China Siapkan Ribuan Robot Humanoid


China secara gamblang mengungkap rencana ambisiusnya untuk menghadirkan ribuan robot humanoid di masa mendatang. Dikatakan bahwa robot-robot ini akan menggebrak dunia. Baca Juga Seorang Pria Tewas Mengenaskan Dibunuh Robot di Korsel Dilansir dari Business Insider, Jumat (11/11/2023), China akan mulai melakukan produksi massal robot humanoid dalam waktu 2 tahun.


Mereka akan tersebar luas seperti halnya perangkat smartphone. Dalam dokumen cetak biru yang diterbitkan minggu lalu, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China (MIIT) mengatakan bahwa robot-robot ini akan membentuk kembali dunia. MIIT menyebut pada tahun 2025 produk tersebut akan mencapai tingkat lanjutan dan diproduksi secara massal.


Hal ini dinyatakan dalam tujuan pembangunan yang tercantum dalam peta jalannya. “Mereka diharapkan menjadi produk disruptif setelah komputer, telepon pintar, dan kendaraan energi baru,” bunyi peta jalan tersebut. Belum jelas detail tentang robot humanoid yang akan dihadirkan secara masif oleh China, namun beberapa perusahaan tampaknya mendorong perwujudan ambisi tersebut dengan sungguh-sungguh.


Startup Fourier Intelligence, misalnya, mengatakan akan mulai memproduksi secara massal robot humanoid GR-1 pada akhir tahun ini. Mereka menargetkan mengirim ribuan robot mulai tahun besok. Tak tanggung-tanggung, robot humanoid yang dihadirkan akan memiliki keandalan. Mereka dapat bergerak dengan kecepatan 5 kilometer per jam dan membawa beban 50 kilogram.


Selengkapnya https://sains.sindonews.com/read/1248375/768/bentuk-dunia-baru-china-siapkan-ribuan-robot-humanoid-1699611084


Postingan Terakhir

Lihat Semua

Jepang, AS, Korsel Diskusikan Pergerakan Mata Uang

Para menteri keuangan Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menyatakan akan terus berkonsultasi erat mengenai perkembangan pasar valuta asing. Komentar tersebut disampaikan setelah mata uang yen

Comments


bottom of page