top of page

Belajar Bahasa Korea


Jika mendengar korea, apa yang kita pikirkan? Kimchi? Kpop? Seoul? Setidaknya pasti ketika mendengar kata "Korea" telinga kita sudah tidak asing lagi dengan kata kata tersebut. Yup, lalu apa untungnya belajar bahasa korea? Sama saja seperti belajar bahasa lainnya, belajar bahasa tentunya akan menambah ilmu kita. Sebetulnya tidak hanya Korea, Jepang pun saya pernah belajar namun tingkat kesulitannya sepertinya jauh lebih sulit Jepang daripada Korea sehingga membuat saya berenti di tengah jalan. Bagi kalian yang berniat melanjutkan kuliah S1 di Korea, kalian wajib menguasai TOPIC (Test Of Proficiency In Korea), kecuali untuk S2, yang saya tahu 20% menggunakan bahasa korea dan 80% tetap menggunakan bahasa Inggris. 

Jika kalian belajar bahasa Korea, pasti kalian akan menghadapi sesuatu seperti ini: 



Gambar kotak garis bulat bulat diatas itu disebut "Hangul", ketika saya belajar bahasa Jepang, saya sangat kesulitan untuk menghafal Katakananya, tapi untuk Hangul bisa saya kuasai dalam waktu satu malam. Tapi ingat walaupun kelihatannya simple, tetap ada aturan aturan dalam pembacaan dan penulisan hangul. Jika kalian tertarik untuk sekedar ingin tahu mungkin bisa mencari cari di internet, tetapi jika ingin belajar lebih lanjut mungkin kalian bisa membeli bukunya. Untuk saya sendiri menggunakan ke 2 buku ini:



Oh iya, selain itu sebisa mungkin kalian mencari teman yang asli Korea, sehingga bisa sekalian minta di ajari hehe karena dalam bahasa Korea ada bahasa Formal (digunakan untuk berbicara secara sopan seperti ke orang yg lbh tua) dan Informal (kepada teman sendiri). Selamat belajar.


Untuk kalian yang saat ini sedang belajar bahasa Korea dan ingin memiliki buku panduan dalam memahami bahasa Korea silahkan dapat dibeli di kantor ataupun dapat dibeli di toko online:

bottom of page