top of page

Bekas Pembangkit Nuklir di kota Chongqing: Wisata China yang Ekstrem sekaligus Bersejarah


Via dailymail.co.uk

(18/07/2019) Nĭ hăo Bambooers! Kalian pasti familiar dengan nuklir kan? Reaktor nuklir identik dengan kondisi yang berbahaya. Tapi di China, ada bekas reaktor nuklir yang disulap jadi tempat wisata. Antara keren atau ngeri!


Via urbanghostsmedia.com

Nah ini adalah 816 Nuclear Military Plant atau Pembangkit Nuklir China 816, sebuah bekas reaktor nuklir bawah tanah yang berada di kota Chongqing. Pertama kali beroperasi pada tahun 1966, reaktor nuklir yang tersembunyi itu kemudian ditutup pada tahun 1984 karena kondisi dunia yang telah damai.


Via cnn.com

Sebelumnya, Reaktor Nuklir Militer 816 pernah dibuka untuk wisatawan pada tahun 2010 silam. Namun, karena persoalan teknis, area tersebut direnovasi dan baru dibuka kembali untuk wisatawan pada tahun 2016 lalu.


Via nytimes.com

Saat melewati diorama-dorama nuklir, kalian akan berjalan melalui terowongan tubular yang dilapisi lampu biru, merah, dan hijau, yang memberikan efek visual yang menakjubkan. Di koridor ini ada kamar beton yang diberi warna oranye, biru dan hijau yang menjadi bayangan menuju tangga ruangan reaktor meter. Pencahayaan hijau di beberapa sudut menyoroti proses pengolahan radioaktif. Radioaktif itu terbungkus kaca pelindung.


Via globalsecurity.org

Menariknya lagi nih, kalian nanti akan dipandu langsung oleh bekas asisten manajer yang dahulu bekerja di situ. Kisah yang disampaikan pun akan sangat otentik, mengingat infonya yang dijelaskan oleh salah satu pelaku sejarah yang masih hidup.


Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa China kamu dapat menghubungi :

Admin : +6285266101952

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool

bottom of page