top of page

Bandara Haneda Tokyo Sibuk dengan Wisatawan Akhir Tahun

Bandara Haneda di Tokyo ramai sejak Jumat (29/12/2023) pagi karena para pelancong akhir tahun berangkat ke kampung halaman atau berlibur.


Ini adalah musim liburan akhir tahun dan Tahun Baru pertama di Jepang sejak pemerintah menurunkan peringkat COVID-19 ke kategori yang sama dengan influenza musiman.

All Nippon Airways dan Japan Airlines mengatakan penerbangan domestik yang berangkat dari Haneda dan Osaka sudah penuh, atau hampir penuh dipesan untuk hari itu.


Seorang wanita berusia 30-an yang kembali ke kampung halamannya di Kyushu, Jepang selatan, mengatakan ia bisa pulang tanpa mengenakan masker tahun ini. Putrinya yang berusia 7 tahun mengatakan ingin pergi berkemah bersama keluarganya, dan makan makanan tradisional Tahun Baru "osechi".


Sementara itu, jumlah orang yang berangkat ke luar negeri mencapai puncaknya pada Jumat. Wisatawan yang melewati Bandara Narita dekat Tokyo, diperkirakan meningkat lebih dari 70 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Lebih dari 1,14 juta orang diperkirakan berangkat atau tiba di bandara itu antara 22 Desember dan 4 Januari.


Di jalur Tokaido dan Sanyo Shinkansen, kereta super ekspres Nozomi hanya mengoperasikan kursi yang dipesan untuk menghindari kepadatan. Keramaian mencapai puncaknya pada Jumat karena kereta peluru yang berangkat dari Tokyo hampir penuh dipesan.


bottom of page