top of page

Bahasa Mandarin Berkembang Pesat di Indonesia





Jia Xiang – Kurun 10 tahun terakhir, pembelajaran bahasa Mandarin di Indonesia kian berkembang. Perkembangan tersebut seiring kebutuhan lapangan kerja maupun perkembangan sektor bisnis di Tanah Air.

Perkembangan pembelajaran bahasa mandarin ini, menjadi topik utama pada seminar sehari dalam rangkaian kegiatan Bandung Forum 2013, di Pusat Pendidikan Bahasa Mandarin (PMB) Universitas Maranatha, Bandung, Kamis (7/11/13). Ratusan mahasiswa, pengawai pemerintahan dan peminat bahasa Mandarin mengikuti seminar ini.

Sembilan pembicara tampil dalam tiga sesi seminar. Di sesi pertama, Asep Hilman dari Pemda Jawa Barat, Arifin Zain dari PBM Al-Azhar Jakarta, dan Eddy Yusup dari Universitas Pasundan Bandung. Tiga pembicara ini mengulas upaya yang telah ditempuh dalam pembelajaran bahasa Mandarin di lingkungan pemerintahan, pendidikan maupun masyarakat.

Pada sesi kedua, Zhong Shi Hai dari Jinan University Cina dan Siauphing Souphan Sanjaya seorang pakar kebudayaan Tionghoa Indonesia, mengulas tentang teknis pembelajaran bahasa Mandarin yang dilakukan di Indonesia melalui pendekatan budaya.

Sedangkan pada sesi terakhir, empat pembicara yang tampil adalah Lin You Xian dari Habei Normal University, Tisna Sanjaya dari Institut Teknologi Bandung, He Yu Xiu dari Confucius Institut, dan Felix Kasim dari Universitas Maranatha. Mereka mengulas tentang kerjasama yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa Mandarin.


Sumber:https://www.jia-xiang.biz/bahasa-mandarin-berkembang-pesat-di-indonesia/

Postingan Terakhir

Lihat Semua

留言


bottom of page