top of page

Awas Merinding, ini Kisah Hantu Paling Seram di Korea

Setiap negara pasti punya cerita misteri yang populer di masyarakat lokal bahkan dunia. Tak terkecuali dengan Korea. Negara yang satu ini rupanya memiliki banyak cerita horor yang mengerikan. Di antaranya adalah kisah Gwishin, hantu atau roh yang masih "hidup" di dunia manusia. 

Sama seperti cerita roh dari negara lainnya, Gwishin dikisahkan punya tugas yang tidak terpenuhi di kehidupan sebelumnya. Karena itu, Gwishin akan terus menghantui dunia hingga mereka bisa menyelesaikan tugasnya dan kemudian pergi ke akhirat. 4 kisah Gwishin ini pun dijamin bikin bulu kuduk kalian merinding...




1. Cheuksin (Dewi Toilet)

Cheuksin merupakan dewi toilet dalam mitologi Korea. Sang dewi digambarkan sebagai gadis perawan yang memiliki rambut sepanjang 150 sentimeter. Mereka "tinggal" di dalam toilet yang gelap dan terisolasi dari rumah utama.


Menurut cerita, siapapun yang mendekati toilet harus batuk sebanyak 3 kali untuk memberi tahu Cheuksin tentang kehadiran mereka dan memberi waktu agar sang dewi menghindar. Jika tidak melakukannya, maka Cheuksin akan marah, kemudian membungkus leher korban dengan rambutnya hingga orang tersebut mati.


2. Cheonyeo Gwishin (Hantu Gadis Perawan)

Cheonyeo Gwishin diceritakan sebagai hantu gadis perawan yang terlihat memakai Hanbok (pakaian tradisional Korea) putih yang disebut Sobok. Pakaian ini sendiri biasanya dikenakan saat meninggal dunia. 


Dikisahkan, seorang wanita yang meninggal dunia sebelum bisa melaksanakan tugas-tugas Konfusianisme mereka untuk melayani para tetua dan calon suaminya akan menjadi Cheonyeo Gwishin. Kesal dan marah karena kutukan itu, roh tersebut kemudian akan menghantui desa atau kota bekas keluarga mereka.


Uniknya, salah satu metode untuk menenangkan kemarahan Cheonyeo Gwishin adalah dengan memperkenalkannya kepada Chonggak Gwishin. Chonggak Gwishin merupakan laki-laki yang setara dengan Cheonyeo Gwishin, yaitu hantu laki-laki yang meninggal sebelum menikah. Ritual di masa lalu akan mencoba untuk menyatukan kedua hantu, yang memungkinkan mereka untuk menikah dengan bahagia di akhirat.


3. Mul Gwishin, si Hantu Air

Mul Gwishin merupakan legenda hantu air yang biasanya muncul di dekat danau, laut, bahkan dalam bak mandi. Mereka sering menampakkan diri dengan pakaian yang selalu basah dan digambarkan memiliki lengan yang sangat panjang. 


Meski begitu, kabarnya hantu air ini tak pernah memperlihatkan dirinya secara utuh pada manusia, Biasanya, hanya terlihat lengan Mul Gwishin yang sangat panjang. Sesekali, mereka akan menampakkan kepalanya di atas air.


4. Dalgyal Gwishin si Hantu Telur

Dalgyal Gwishin disebut sebagai hantu telur karena wajahnya yang rata. Dalgyal Gwishin diceritakan sebagai hantu yang tak memiliki mata, hidung atau mulut. Ada juga Dalgyal Gwishin yang tidak punya lengan dan kaki. 

Dalgyal Gwishin merupakan hantu yang hidup di pegunungan. Mereka dikisahkan sebagai seseorang yang tak memiliki anak di kehidupan sebelumnya. Dalam cerita, seseorang yang melihat hantu Dalgyal Gwishin akan langsung mati mendadak. Kabarnya, mereka kerap menghantui pendaki gunung dan menguntitnya di malam hari. 

Hiii, rupanya Korea juga punya banyak cerita hantu yang bikin merinding ya.. Bagaimana, menurut kalian lebih seram hantu Korea atau Indonesia nih?



bottom of page