top of page

7 Fakta Dibalik Rencana Peluncuran Bulan Buatan China 2020

Diperbarui: 26 Jun 2019

(24/06/2019) Nǐ hǎo Bambooers! Seperti yang kita tahu bukan China namanya jika tak menunjukkan keunggulan dalam bidang teknologi antariksa. Sejak akhir tahun lalu, China mengumumkan bakal meluncurkan satelit iluminasi yang dikenal sebagai 'artificial moon' alias bulan buatan. Wah seperti apakah ini? Mari kita simak lebih lanjut!

1. Akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang

Bulan buatan itu akan diluncurkan pada 2020 mendatang. Pengujian bulan buatan China itu telah dimulai sejak bertahun-tahun lalu, lho.


2. Dikembangkan oleh Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute.

Bulan 'palsu' itu dibuat untuk menerangi kota menggantikan penerangan konvensional yang umumnya menggunakan lampu-lampu jalan.

3. Penerangan 8 kali lebih terang dari bulan asli

Kepala Lembaga Penelitian Sains Chengdu Aerospace, Wu Chunfeng mengklaim bahwa bulan buatan akan memberikan cahaya delapan kali lebih terang dari bulan asli!


4. Jangkauan pencahayaan dapat dikontrol

Bulan ini juga dikatakan cukup terang menggantikan lampu jalan. Chunfeng mengatakan, bulan buatan tersebut akan mampu menerangi area seluas 10-80 kilometer. Sementara itu, jangkauan pencahayaan yang tepat bisa di kontrol dalam beberapa puluh meter.

5. Terinspirasi dari seorang seniman dan proyek lama Rusia

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa China bukan negara pertama yang mencoba membangun bulan buatan. Sebelumnya, Rusia pernah meluncurkan proyek serupa. Pada era 1990-an, Rusia meluncurkan sistem pemantulan cahaya matahari ke bumi atau 'cermin ruang angkasa'. Sistem itu dimaksudkan untuk menghasilkan cahaya setara dengan tiga hingga lima kali cahaya bulan purnama. Selain itu, pembuatan bulan buatan tersebut juga terinspirasi dari seniman asal Perancis dimana dirinya menggambarkan sebuah cermin yang digantungkan diatas permukaan bumi.


6. Sempat membuat beberapa ilmuan prihatin

Rencana China meluncurkan bulan buatan ini membuat beberapa ilmuwan prihatin. Pasalnya, lampu yang dipantulkan dari angkasa bisa membawa dampak buruk bagi aktivitas hewan tertentu dan pengamatan astronomi. Namun, Direktur Institut Optik Sekolah Luar Angkasa, Kang Weimin membantahnya. Menurutnya, cahaya satelit yang dihasilkan mirip dengan cahaya saat senja dan tidak memengaruhi aktivitas hewan.


7. Tujuan peluncuran bulan buatan

Sebenarnya apa sih tujuan China meluncurkan bulan buatan ini? Alasannya berhubungan dengan keadaan listrik di China sendiri. Rencana penciptaan dan peluncuran bulan buatan ini dilakukan agar penggunaan listrik di sana menjadi berkurang.


Bagaimana Bambooers? Apakah kamu tertarik juga untuk menyaksikan bulan buatan secara langsung di China? Tunggu peluncurannya di tahun 2020 mendatang ya! Zài jiàn!


Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa China kamu dapat menghubungi :

Admin : +6285266101952

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool

bottom of page