top of page

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mengunjungi Sanak Saudara Di Tahun Baru Imlek


04-02-2019 Di Negara asal dari Imlek yaitu China, Tahun Baru Imlek dirayakan oleh para petani setelah melewati musim dingin dan mensyukuri permulaan musim baru, yaitu musim semi. Perayaan Tahun Baru Imlek meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Thian (Tuhan Yang Maha Esa), dan perayaan Cap Go Meh. Tujuan dari sembahyang tersebut adalah sebagai rasa syukur dan harapan agar rezeki melimpah di masa yang akan datang.


Dalam merayakan Tahun Baru Imlek umumnya akan semakin lengkap kalau kamu juga mengunjungi sanak saudara yang jarang kamu jumpai di hari-hari biasa. Perayaaan Tahun Baru Imlek dijadikan sebagai hari berkumpul bersama dengan keluarga besar. Tahun Baru Imlek maka semua aktivitas berhenti sejenak dan menghabiskan waktu dengan dengan keluarga. Tahun Baru Imlek sesama anggota keluarga dapat membicarakan  mengenai pengalaman hidup, terutama mengenai apa yang sudah kita alami selama setahun belakangan ini. Saat Tahun Baru Imlek, tidak diperbolehkan juga untuk bertindak marah atau berkata kasar kepada keluarga yaaa.

Durasi waktu yang lama dalam setahun sekali harus menjadi alasan untuk berkunjung ke keluarga saat perayaan hari raya imlek dan tentunya ada alasannya loh. Memangnya kenapa sih? Hmm, mungkin inilah alasan-alasan kamu wajib mengunjungi sana saudara di Tahun Baru Imlek. Simak ulasannya yuk :)


1. Sebagai Simbol Kerukunan

Mengunjungi sanak saudara di Tahun Baru Imlek atau tahun baru sincia dipercaya sebagai simbol kerukunan oleh masyarakat Tionghoa loh. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan keharmonisan hubungan persaudaraan yang terjalin antara satu sama lain dalam keluarga. Tidak heran kalau untuk perantau yang merayakan Imlek atau hari perayaan sincia, akan pulang ke kampung halamannya untuk mengunjungi sanak saudara lainnya di Tahun Baru Imlek.


2. Sarana Silahturahmi

Pada perayaan Tahun Baru Imlek atau tahun baru sincia, setiap orang Tongkok akan bangun pagi awal dan memakai pakaian baru. Biasanya mereka akan berkunjung ke rumah sanak saudara untuk saling bersilahturahmi. Di sana mereka akan mengucapkan kata-kata yang baik penuh harapan, biasanya generasi yang lebih muda akan melakukan kunjungan ke sanak saudara yang lebih tua sebagai tanda hormat.


3. Memperbaiki Komunikasi

Setelah setahun penuh masing-masing disibukkan dengan pekerjaan serta kegiatan apapun, maka Tahun Baru Imlek bisa dijadikan momen untuk memperbaiki komunikasi didalam kelurga besar kita. Dengan mengunjungi sanak saudara maka hubungan yang sempat menjauh itupun akan kembali hangat, rukun dan harmonis. Eitts, jangan sibuk main gadget sendiri juga dong, itu sih sama aja kamu mendekatkan yang jauh tetapi menjauhkan yang dekat.


4. Makan Bersama Keluarga Besar

Perayaan malam Tahun Baru Imlek merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi sanak saudara dan makan bersama-sama dengan keluarga. Umumnya, mereka akan makan makanan tradisi Tahun Baru Imlek atau tahun baru Sincia seperti Mi Panjang Umur, Ayam atau Ikan yang dimasak utuh, serta Kue Keranjang sebagai camilan teman mengobrol. Siapkan cerita-cerita seru sepanjang tahun yang bisa kamu bagikan untuk anggota keluarga lainnya yaaa.


5. Mengumpulkan Banyak Angpao

Tentunya tidak asing dengan istilah Angpao didalam perayaan tahun baru Imlek atau peryaan Sincia. Tidak dipungkiri juga bahwa sebagian dari kita mengharapkan yaaaa :) Bukan rahasia lagi dong kalau Tahun Baru Imlek ada juga tradisi bagi-bagi Angpao untuk anak-anak generasi muda? Makanya kamu wajib mengunjungi sanak saudara kamu. Makin banyak yang dikunjungi makin banyak juga Angpao yang bisa kamu dapatkan. Apalagi kalau kamu masih tergolong yang paling muda di keluargamu, bisa-bisa banjir rejeki nih. Semoga artikel ini bermanfaat yaaa :)


Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa China dapat menghubungi :

Admin : +6285266840608

Admin : +6285266101952

WEB : www.Bamboocyberschool.com

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page