top of page

3 Astronaut China Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa, Jalani Misi 6 Bulan

China mengirimkan tiga astronautnya ke stasiun luar angkasa Tiangong, yang dihuni secara permanen, untuk melaksanakan misi selama enam bulan ke depan. Misi semacam ini menjadi rotasi reguler para astronaut China yang bertugas di Tiangong yang mengorbit jauh di atas atmosfer Bumi.



Seperti dilansir Reuters, Jumat (26/4/2024), laporan media pemerintah China menyebut tiga astronaut itu berangkat dengan pesawat luar angkasa Shenzhou-18, yang didorong oleh roket Long March-2F, yang lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China bagian barat laut.



Pesawat luar angkasa itu diluncurkan ke stasiun luar angkasa Tiangong pada Kamis (25/4) malam, sekitar pukul 20.58 waktu setempat.



Astronaut Ye Guangfu, yang berusia 43 tahun, memimpin misi enam bulan di stasiun luar angkasa Tiangong ini. Ye terakhir kali meluncur ke Tiangong pada Oktober 2021 dalam misi berawak kedua ke stasiun luar angkasa buatan China tersebut.



Dalam misi terbaru, Ye didampingi oleh dua astronaut China bernama Li Cong yang berusia 34 tahun dan Li Guangsu yang berusia 36 tahun. Keduanya baru pertama kali ini menjalani misi ke luar angkasa, dan berasal dari kelompok astronuat terbaru dalam program penerbangan luar angkasa China.



Ketiga astronaut itu semuanya merupakan mantan pilot Angkatan Udara China.


Stasiun luar angkasa Tiangong yang selesai dibangun pada akhir tahun 2022, mampu menampung maksimal tiga astronaut selama berbulan-bulan pada ketinggian orbit hingga 450 kilometer dari atmosfer Bumi. Tiangong memiliki umur operasional setidaknya hingga 15 tahun.





Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page