top of page

11 Budaya Jepang yang Terkenal di Dunia, dari Onsen sampai Kimono


Jakarta - Jepang terkenal dengan pohon sakuranya yang indah, onsen atau sumber air panas, hingga animenya. Tak heran, jika banyak wisatawan yang berdatangan dan ingin menyaksikan langsung berbagai keindahan dan keunikan dari negara ini.


Berbagai budaya Jepang yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi negara tersebut. Yuk, ketahui beberapa budaya dari negara Jepang yang terkenal.


11 Budaya Jepang yang Terkenal

Beberapa budaya Jepang yang terkenal di antaranya yaitu onsen, sumo, hingga tako. Apa hal menarik dari beberapa budaya ini?


1. Onsen

Mengutip Klook, menurut agama Shinto, sumber air panas alami di Jepang (onsen) dipercaya sebagai air penyembuhan yang bisa mensucikan jiwa. Sehingga, mandi di sumber air panas menjadi bagian dari gaya hidup orang Jepang.

Traveler bisa menemukan onsen yang tersebar di seluruh jepang. Adapun wilayah dengan fasilitas onsen terbanyak di Jepang adakah Hokkaido.


2. Sumo

Secara tradisional, sumo lahir sebagai ritual Shinto untuk menghibur para dewa. Namun kini, sumo menjadi olahraga nasional Jepang.

Jadi, jika kamu menyukai WWE, salah satu aktivitas terkenal Jepang yang bisa disaksikan yaitu menonton pertandingan sumo.


3. Upacara Minum Teh

Teh merupakan bagian penting dari budaya Jepang dan upacara minum teh tradisional diyakini bisa menjaga ketenangan pikiran dan menghilangkan stres atau kelelahan.

Wisatawan dapat mengikuti upacara minum teh dan menikmatinya bersama camilan manis. Selain itu, wisatawan juga akan belajar tentang sejarah dan pentingnya upacara ini.


4. Geisha

Geisha merupakan pengrajin dan pemasok budaya tradisional Jepang. Para wanita geisha mendedikasikan hidup mereka pada seni tradisional Jepang dan memanfaatkan bakat mereka dengan menghibur orang-orang untuk menampilkan kekayaan budaya mereka


5. Samurai

Samurai adalah anggota kelas militer dari kalangan sosial tinggi pada abad 11 hingga 19 di Jepang. Meski samurai sudah tidak ada, para pejuang hebat ini masih terlihat jelas dalam budaya jepang. Warisan samurai pun bisa dilihat di seluruh Jepang.

Adapun pedang dari samurai disebut dengan katana. Pedang ini berbentuk melengkung dan ramping.


6. Origami

Origami atau seni melipat kertas menjadi budaya Jepang selanjutnya. Mengutip laman he University of Alabama, di Tiongkok, kertas untuk melipat artistik dibuat dari kulit pohon, limbah rami dan kain.


Pembuat kertas Jepang pun meningkatkan kualitas kertas dan semakin memasukkan sebuah seni ke dalam praktik budaya dan tradisi Jepang. Dalam budaya Jepang, origami biasanya dimodelkan menjadi tokoh-tokoh dari alam seperti hewan dan tumbuhan.

Salah satu yang paling terkenal adalah origami bangau. Bentuk ini melambangkan harapan, penyembuhan dan keberuntungan.


7. Hanami

Musim semi menjadi waktu yang paling populer untuk berwisata ke Jepang, sebab saat itulah bunga sakura bermekaran. Mengutip Inside Japan Tours, hanami atau ohanami adalah tradisi orang Jepang dalam menikmati keindahan bunga, khususnya bunga sakura.

Adapun tempat-tempat hanami yang khas di antaranya taman kota, halaman kastil dan di sepanjang tepi sungai. Hanami bisa dilakukan pada siang atau malam hari.


8. Kimono

Kimono merupakan budaya Jepang yang begitu memukau dengan warna-warna yang cantik. Pakaian tradisional ini begitu dikenal di dunia.


Mengutip Japan Zone, secara harfiah, kimono berarti pakaian. Hingga abad ke 19, kimono merupakan bentuk pakaian yang dikenakan semua orang di Jepang. Hal ini perlahan berubah secara perlahan karena masuknya jas, gaun dan mode barat lainnya selama Era Meiji.


9. Matsuri

Matsuri merupakan festival lokal di Jepang. Setiap kota besar, kecil dan desa d Jepang setidaknya punya satu matsuri dalam setahun.


Matsuri sendiri berasal dari ritual dan kepercayaan Shino kuno. Elemen pentingnya yaitu penyucian, persembahan kepada para dewa dan kontes atau permainan. Adapun beberapa matsuro terbesar dan paling terkenal di antaranya yaitu Festival Salju Sapporo, Festival Kamakura, Festival Hakata Dontaku, Festival Kananda dan Festival Sanja.


10. Manga & Anime

Dahulu manga dan anime tidak dikenal oleh dunia di luar Jepang, namun kini popularitasnya semakin meningkat. Buku-buku manga mencakup beragam genre dan pokok bahasan untuk segala usia.


Setiap kota mempunyai toko-toko dengan berbagai genre manga yang berbeda-beda. Sementara pada anime, warna, gerakan dan suara membuatnya menjadi hidup. Menurut repository potensi utama, anime merupakan sebuah istilah serapan berdasarkan animation yang dipakai orang Jepang untuk menyebut tayangan animasi.


11. Tako

Di Jepang, hobi memainkan layang-layang telah menjadi bentuk seni. Layang-layang atau tako awalnya dibawa ke Jepang dari China oleh misionaris Buddha pada 649-794 Masehi.


Layang-layang terutama digunakan untuk acara keagamaan dan perayaan. Mengutip KCP International, salah satu festival layang-layang spektakuler di Jepang adalah Sagami Giant Kite Festival yang diadakan setiap tanggal 4 dan 5 Mei di berbagai wilayah Kota Sagamihara.


Layang-layang yang disebut Sagami-no-Oodako ini diterbangkan dengan bantuan tim penerbang yang terampil. Sebab ukurannya begitu besar, yaitu dengan panjang dan lebar mencapai 14,5 meter dengan berat 950 kg.


Itulah 11 budaya Jepang yang terkenal di dunia. Kamu suka dengan budaya Jepang yang mana?


Source : https://travel.detik.com/travel-news/d-7049801/11-budaya-jepang-yang-terkenal-di-dunia-dari-onsen-sampai-kimono






















































bottom of page