top of page

10 Rekomendasi Buku Belajar Bahasa Korea untuk Kamu yang Ingin Cepat Memahami Bahasa Korea (2023)



Daftar isi


Suka K-Pop dan K-Drama? Yuk, Mulai Belajar Bahasa Korea!


Pada era persaingan global sekarang ini, memiliki kemampuan berbahasa asing tentu bisa memberikan banyak manfaat. Bahasa asing yang dimaksud bukan sebatas pada bahasa Inggris saja, ya. Namun, bahasa lainnya juga pastinya akan bisa menambah nilai positif pada portofolio kamu jika kamu hendak melamar kerja.



Mempelajari bahasa asing, juga membuat pengetahuan kita jadi lebih luas. Lewat bahasa, kita juga bisa mulai memahami bagaimana kehidupan sosial suatu negara tersebut. Mempelajari suatu bahasa juga bikin kita jadi bisa belajar banyak tentang budaya dari negara yang bahasanya kita pelajari.



Selain bahasa Inggris, ada banyak bahasa asing yang populer untuk dipelajari. Contohnya, bahasa Perancis, Spanyol, Jerman, Belanda, dan lain sebagainya. Nah, belakangan, ada satu bahasa lagi yang begitu populer untuk dipelajari, yakni bahasa Korea.



Ketertarikan masyarakat dunia akan bahasa Korea dimulai saat mulai tenarnya K-Pop dan K-Drama. Dua tren tersebut membuat Korea Selatan jadi banyak dilirik, mulai dari segi fashion, makeup, skincare, wisata, hingga budaya dan bahasanya. Nah, kalau kamu ngaku sebagai pecinta K-Pop dan K-Drama, tentunya kamu mulai tertarik juga untuk belajar bahasa mereka, bukan?



Mempelajari bahasa Korea banyak manfaatnya untuk kita. Pertama, tentu kita jadi lebih paham mengenai konteks budaya Korea. Kamu jadi bisa lebih paham mengenai makna dan maksud dari percakapan atau lelucon yang dilontarkan dalam sebuah acara variety show atau K-Drama. Bukan sekadar paham dari terjemahannya saja namun kamu jadi lebih menangkap apa yang ingin mereka sampaikan dengan baik.



Bahasa Korea juga bisa bikin kamu mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Jika kamu masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, kamu bisa mencoba ikut pertukaran pelajar. Atau bahkan mungkin kamu bisa mulai untuk bersekolah dan kuliah di Korea. Ada banyak sekali sekolah dan kampus di Korea yang berkualitas dan tentunya akan sangat menyenangkan jika kamu bisa mengenyam pendidikan di sana.



Mempelajari bahasa Korea juga bisa membantu kamu mendapatkan peluang bisnis yang bagus. Kamu bisa menjalin kerja sama dengan produsen skincare atau produk makanan dan minuman yang populer. Hubunganmu bisa terjalin dengan lancar karena kamu bisa berkomunikasi dengan bahasa yang dimengerti para produsen tersebut.



Bagi yang sedang mencari pekerjaan, bahasa Korea juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan peluang kerja yang lebih bagus. Ada banyak perusahaan Korea yang menanamkan modalnya di Indonesia. Jika kamu mencantumkan kemampuan bahasa Korea dalam portofolio-mu tentu kesempatan bekerja pada perusahaan asing jadi lebih tinggi.



Nah, bisa bahasa Korea juga memungkinkan kamu untuk memiliki karir di bidang mengajar. Kamu bisa menjadi tutor bahasa Korea atau bergabung dengan institusi pendidikan tertentu.



Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan belajar bahasa Korea. Jadi, jangan ragu lagi, yuk belajar dari sekarang!


Tips Belajar Bahasa Korea


Coba Hafal Kata dari K-Pop dan K-Drama



Jika awal mula ketertarikan kamu akan bahasa Korea didapatkan dari K-Pop dan K-Drama, maka tidak ada salahnya jika kamu mulai mencoba menghafal atau memahami kata-kata atau frasa dari K-Pop atau K-Drama. Belajar dari sesuatu yang kita sukai tentu akan bikin kita lebih semangat mempelajari sesuatu dan lebih mudah memahaminya.



Dengan sering mendengarkan atau menonton maka kamu jadi bisa lebih cepat familiar dengan bahasa dan kosakata yang diucapkan. Kamu juga bisa sedikit demi sedikit mengartikan kosakata yang digunakan. Jangan lupa untuk rajin mengecek kamus atau membuka aplikasi penerjemah untuk mencari apa arti dari kata tersebut.


Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa



Cara lain agar lebih cepat belajar bahasa Korea adalah mengunduh aplikasi untuk belajar bahasa Korea. Di era serba canggih seperti sekarang ini, ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kamu belajar bahasa Korea. Kamu bisa mengunduhnya di smartphone dan bisa mulai belajar dengan rajin memakai aplikasi tersebut untuk mempercepat pemahamanmu akan bahasa Korea.



Kamu bisa gunakan aplikasi Bravo Languange yang bikin kamu lebih muda mencari kosakata secara instan. Aplikasi ini juga bisa mengevaluasi kemampuan bahasa dengan adanya fitur perekaman dan pemutaran ulang.



Aplikasi lain yang bisa kamu coba adalah Rosetta Stone. Dengan aplikasi ini kamu bisa tahu banyak kosakata dan kalimat yang dihadirkan dalam bentuk audio visual. Aplikasi juga menghadirkan para pengajar dari seluruh dunia yang memiliki pengalaman belajar dan mengajar di Korea.



Lirik juga Duolingo yang bikin kamu belajar bahasa Korea secara otodidak. Kamu bisa memperkaya kosakata kamu dan juga bisa tahu aneka kalimat umum yang biasa digunakan dalam keseharian. Ada banyak cara yang digunakan untuk menyampaikan materi sehingga kita tidak akan bosan memakainya.



Naver Dictionary juga bisa jadi pilihan kamu. Aplikasi ini akan memperkenalkan kamu dengan aneka kosakata, kata kerja, kalimat populer, hingga idiom bahasa Korea. Ada juga deretan klip audio yang bisa kamu gunakan untuk melatih pengucapan kata maupun kalimat.



Selain aneka aplikasi tersebut, kamu juga bisa mengakses situs pembelajaran bahasa Korea. Ini bisa jadi tempat untuk kamu belajar dan mengembangkan kemampuan berbahasa Korea kamu. Beberapa situs yang bisa kamu akses adalah Seoulina, Zkorean, Learn-Korean, dan lain sebagainya.


Belajarlah Membaca dan Menulis



Hal lain yang tidak kalah penting dalam belajar bahasa Korea adalah belajar membaca dan menulis. Korea memiliki huru Hangeul yang dibuat oleh Raja Sejong. Dengan menguasai Hangeul maka kamu bisa lebih mudah mempelajari bagaimana cara membaca dan mengerti kosakata tersebut.



Belajarlah membaca dengan benar. Awalnya mungkin sedikit rumit untuk menyebutkan huruf-hurufnya. Namun, jika terbiasa tentu bisa lebih mudah. Kamu bisa mencoba membaca lirik lagu yang tertulis dan cek pengucapannya dengan mendengarkan lagunya. Dengan begini, tentu bisa lebih mudah belajar membaca.


Belajar Lewat Video



Tidak ada salahnya juga belajar bahasa Korea lewat video. Kamu bisa membuka salah satu aplikasi penyedia aneka video seperti Youtube. Di sana kamu bisa mencari video edukasi belajar bahasa Korea. Ada banyak kanal yang menyediakan konten belajar bahasa Korea. Kamu bisa coba Learn Korean with KoreanClass101, Talk to Me in Korean, Korean Unnie, dan lain sebagainya.


Miliki Buku Belajar Bahasa Korea



Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Korea tentu saja dengan memiliki buku belajar bahasa Korea. Ini akan sangat membantu utamanya jika kamu belajar secara otodidak. Pilih buku yang sekiranya bisa mengenalkan kamu tentang Hangeul, kosakata, hingga tata bahasanya.



Periksa materi yang ada dalam buku tersebut. Pilih yang sekiranya mudah untuk dipahami sehingga meskipun kamu belajar sendiri, kamu tetap bisa mudah menangkap maksudnya.


Ini Loh, Buku Belajar Bahasa Korea yang Mempermudahmu Cepat Paham


Panduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea



Panduan Terlengkap Belajar Bahasa Korea ditulis oleh M Hasan Hwang dan diterbitkan oleh Renebook. Buku ini bisa dijadikan teman belajar yang asyik untuk kamu pemula yang ingin belajar bahasa Korea. Buku setebal 348 halaman ini cocok juga untuk kamu yang ingin bekerja di Korea atau kuliah di Korea.



Isian buku sudah disusun memenuhi Standar Kompetensi dan Kelulusan EPS TOPIK sehingga bisa digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Korea kamu. Ada juga deretan contoh soal EPS TOPIK sehingga bisa jadi acuan kamu sebelum melakukan tes nantinya. Tes juga sudah diterjemahkan dan ada kunci jawabannya sehingga kamu tidak perlu bingung mencocokkan jawabanmu kemana.



Buku telah dilengkapi barcode yang bisa dscan untuk membuka file yang akan memudahkan kamu belajar bahasa Korea. Penulis yang merupakan pakar bahasa Korea lulusan Fakultas Sastra, Hankook University Foreign Studies, memakai metode yang sekiranya akan mudah dipahami masyarakat Indonesia.


Buku Bahasa Korea Terpadu untuk Orang Indonesia Jilid 1-6



Buku Bahasa Korea Terpadu untuk Orang Indonesia Jilid 1-6 bisa kamu beli satu per satu atau beli langsung keenamnya. Untuk belajar bahasa Korea, buku ini bisa jadi andalan kamu. Diterbitkan oleh Korea Foundation dan Kookmin Bank buku ini mencakup penjelasan beragam materi dan juga latihan soal. Umumnya, buku ini banyak digunakan lembaga kursus.



Isiannya lengkap, selain ada kosakata bergambar yang bikin kamu lebih mudah memahaminya, ada juga contoh kalimat, dan pembahasan tata bahasa. Buku juga berisi contoh kalimat dan daftar kosakata baru. Uniknya, buku ini juga dilengkapi dengan latihan soal sehingga kita bisa menguji seberapa baik kemampuan dan pemahaman kita.


Yuk Belajar Otodidak Bahasa Korea



Yuk Belajar Otodidak Bahasa Korea bisa jadi pilihan lainnya untuk kamu. Produk yang satu ini ditulis oleh Tiarma Natalia dan diterbitkan oleh Andaliman Books. Materi buku dibuat berdasarkan kisi-kisi kurikulum kursus bahasa Korea.



Di dalamnya ada pembelajaran pengenalan huruf Hangeul dan juga angka Korea. Ada juga pembelajaran tata bahasa yang biasa digunakan dalam percakapan kesehatian. Selain itu, buku juga berisi latihan percakapan dalam berbagai suasana dan tempat.


Mudah Belajar Bahasa Korea bersama Penutur Asli



Mudah Belajar Bahasa Korea bersama Penutur Asli diterbitkan oleh Laksana. Buku yang ditulis Asfara ini tebalnya 172 halaman. Produk ini cocok untuk para pemula. Tema materi yang dihadirkan sangat cocok dengan keseharian kita. Setiap bab yang ada dalam buku menggambarkan tema kegiatan Jingga dan Hye Rin yang pastinya sering ada juga dalam keseharian kita. Tidak hanya ada daftar kosakata dan hangeul saja. Buku ini juga menyajikan sajian singkat mengenai budaya Korea.


The Amazing Book Of Korean Grammar For Millenials



The Amazing Book Of Korean Grammar For Millenials cocok untuk kamu yang ingin belajar tata bahasa Korea. Tidak ada yang sulit jika kamu mau berusaha. Buku yang satu ini akan membantumu mengatasi segala kesulitan berbahasa Korea.



Ada banyak bagian penting di dalam buku. Kamu tidak perlu bingung karena bagian penting sudah diberi highlisht sehingga kamu lebih mudah untuk mengingatnya.



Dalam buku ada pengenalan hangeul, kosakata, dan juga tata bahasa dasar. Buku juga memuat contoh percakapan sehari-hari. buku setebal 248 halaman ini diterbitkan oleh Anak Hebat Indonesia.


Praktis & Mudah Kuasai Bahasa Korea



Praktis & Mudah Kuasai Bahasa Korea bisa juga jadi pilihan kamu. Buku yang satu ini bikin kamu nyaman belajar secara otodidak. Isiannya juga begitu lengkap. Ada pengenalan hangeul, tata bahasa Korea, dan juga contoh percakapan keseharian. Buku juga dilengkapi kosakata tematik dan populer dalam bahasa Korea. Kamu bisa menguji kemampuanmu dengan mengerjakan soal latihan yang ada.



Pengetahuan kamu juga bisa bertambah dengan menyelesaikan buku setebal 264 halaman ini. Di dalam bukunya ada pengetahuan umum seputar budaya dan juga mengenai masyarakat Korea.


Bahasa Korea untuk KPOPers



Bahasa Korea untuk KPOPers hadir dengan ketebalan 128 halaman. Ditulis oleh Areum, produk diterbitkan oleh Yrama Widya. Lewat buku ini, kamu bisa tahu bagaimana sejarah hangeul dan juga cara pengucapannya. Buku ini juga mengajarkan angka Korea dan cara memakainya.



Kamu juga bisa belajar tata bahasa Korea dan juga contoh penerapannya dalam aneka lirik lagu dari berbagai idol ternama seperti NCT, Suju, BTOB, dan lain sebagainya. Ada juga deretan contoh percakapan dan kosakata bahasa Korea yang disediakan.


Swiun Hangugeo: Bahasa Korea Itu Mudah



Swiun Hangugeo: Bahasa Korea Itu Mudah ditulis secara sistematis sehingga kamu mudah mempelajari dan memahaminya. Buku ini bagus untuk kamu yang ingin mengenal Korea lebih dalam dan juga mengenal budayanya. Ditulis oleh Choi Sungmin, buku ini begitu lengkap dan terpadu.



Tidak hanya membahas mengenai pengenalan hangeul, buku juga membahas aneka contoh percakapan sehari-hari. Ada juga tata bahasa dan kosakata penting di dalamnya. Buku juga berisi latihan soal sehingga kamu bisa melatih pengetahuanmu.


Jago Kuasai Bahasa Korea



Jago Kuasai Bahasa Korea diperuntukkan untuk para mahasiswa dan umum. Di dalamnya ada pembelajaran mengenai bahasa Korea dengan memakai bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Bahasannya ringan sehingga kamu bisa menguasainya dalam waktu singkat dengan sistem belajar intensif. Di dalam buku juga ada lathian soal sehingga kamu bisa lebih terbiasa dan juga bisa lebih menguasai bahasa Korea.


Buku Asyik Belajar Bahasa Korea lewat K-Drama



Buku Asyik Belajar Bahasa Korea lewat K-Drama adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk ini ditulis oleh Asfara. Buku setebal 156 halaman ini akan membantu kamu belajar bahasa Korea dengan mudah. Jika kamu penggemar K-drama, buku ini cocok untuk kamu.



Di dalamnya kamu akan diajak belajar mengenal aneka frasa dan dialog yang ada dalam drama Korea populer. Contoh dramanya adalah True Beauty, Crash landing on You, dan lain sebagainya. Pembahasan lengkap dengan detail huruf hangeul dan juga pengetahuan mengenai bahasa Korea dasar.


From our editorial team


Ambil Kursus Bahasa


Salah satu cara terbaik agar lebih cepat memahami bahasa Korea adalah dengan mengambil kursus bahasa Korea. Belajar sendiri tentu bisa dilakukan. Namun, jika kita memiliki guru maka akan sangat berbeda rasanya. Kita jadi tidak terlalu kebingungan memahami suatu materi. Selain itu, kita juga bisa lebih terarah jika mengambil kursus. Kita jadi bisa mempelajari materi satu dan lainnya dengan lebih berurutan dan sesuai tingkat kesulitannya.


Untuk kalian yang saat ini sedang belajar bahasa Korea dan ingin memiliki buku panduan dalam memahami bahasa Korea silahkan dapat dibeli di kantor ataupun dapat dibeli di toko online:

bottom of page