top of page

10 Fakta Unik dan Aneh yang Hanya Dijumpai di Negara Panda, China Part I

09-04-2019 Berbagai budaya serta aktivitas unik kerap menjadi daya tarik para pariwisata tersendiri bagi sebuah wilayah. Tak terkecuali tentunya adalah keunikan serta keanehan yang ada di Negeri Panda, China. Ditambah lagi, Negara China merupakan sebuah negara besar dengan luas berkali lipat kalau dibandingkan dengan wilayah Indonesia. Beberapa fakta menarik, unik serta aneh pun bisa dijumpai dengan mudah dari negara China. Berikut ini adalah 10 fakta unik dan aneh bagian pertama untuk pengetahuan tambahan pada saat ada traveler yang ingin berkunjung untuk pertama kalinya ke negara China.



1. Zona Waktu

Meskipun wilayah negara China lebih luas, namun ternyata mereka mempunyai zona waktu yang lebih sedikit loh. Tepatnya, Negara China hanya mempunyai satu zona waktu, yakni GMT+8. Kok bisa begitu? Padahal kalau dilihat dari luas wilayahnya, setidaknya Cina seharusnya mempunyai lima zona waktu. Namun ini merupakan kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Cina. Dan zona waktu yang berlaku di negara itu dikenal dengan nama Beijing Time atau juga China Standard Time (CST). Sementara itu dua wilayah administrasi khusus dari negara Cina, yakni Hong Kong dan Makau masing-masing mempunyai zona waktu mereka sendiri. Zona waktu itu masing-masing disebut dengan nama Hong Kong Time serta Macau Standard Time. Meskipun punya nama yang berbeda, kedua zona waktu ini sama-sama GMT+8. Jadi tidak ada perbedaan waktu jika dibandingkan dengan Beijing Time. Sebagai tambahan, ada pula penggunaan zona waktu tak resmi yang digunakan di wilayah negara Cina, tepatnya di Provinsi Xinjiang. Di sini, masyarakatnya menggunakan zona waktu yang mereka sebut dengan nama Urumqi Time (GMT+6).


2. Virgin Boy Egg

Bagi Kamu yang hobby makan serta merasa punya nyali besar untuk mencoba kuliner aneh mungkin bisa di coba untuk menu satu ini. Virgin egg boy yang ada di negara China. Dari sekian banyak kuliner aneh yang ada di China, nampaknya ini deh yang paling aneh. Telurnya sih telur biasa ya. Tapi cara memasaknya itulah yang tidak biasa. Alih-alih telur dimasak dengan air, virgin boy egg dimasak dengan menggunakan air kencing anak-anak. Rrrrhhhh... Tidak bisa dibayangin sih yaa gimana rasanya. Namun yang pasti, nama virgin boy egg ini diambil karena telur tersebut dimasak dengan air kencing mereka yang masih virgin, utamanya anak usia di bawah 10 tahun. Lalu dari mana air kecing tersebut dikumpulkan? Air kecing yang digunakan untuk memasak kuliner satu ini dikumpulkan dari sekolah dasar di negara Cina, khususnya di sebuah kota bernama Dongyang yang terletak di Provinsi Zhejiang. Bahkan kuliner ini pun dianggap sebagai warisan budaya leluhur. Tak hanya itu, harga virgin egg boy ini pun lebih mahal dibandingkan telur rebus biasa. Selain itu, untuk memasak kuliner ini juga butuh waktu yang lebih lama, di mana telur di rebus dalam air kencing selama seharian. Dan konon, telur ini bermanfaat untuk kesehatan lho. Tertarik?


3. Birth Permit alias Izin Melahirkan

Pasangan suami istri di negara Cina pun kabarnya tak boleh mempunyai anak dalam jumlah yang banyak. Jadi, untuk setiap calon jabang bayi, pasangan suami istri harus terlebih dulu memperoleh izin dari negara. Izin tersebut harus didapatkan ketika pasangan suami istri berkeinginan untuk memperoleh anak kedua. Sayangnya, tak semua orang bakal memperoleh izin secara langsung dari pemerintah. Bahkan pada tahun 2013 lalu, sebanyak 28.464 pasangan yang mengajukan izin melahirkan anak kedua, hanya 5.530 di antaranya yang diperbolehkan. Sebagai catatan, angka ini terjadi di Provinsi Sichuan. Sontak saja, kebijakan ini tentu saja menimbulkan pro dan kontra. Dan dampak buruknya, terdapat angka aborsi yang cukup tinggi. Sebagai informasi tambahan di Negeri China ada Sup yang terbuat dari Bayi Manusia.. Mengerikan yaaa :(



4. Semua Orang Berlibur Di Waktu Yang Bersamaan

Kondisi ini hampir sama seperti ketika musim mudik di tanah air. Di mana orang-orang ramai-ramai menghabiskan waktunya untuk pulang ke kampung halaman. Sementara di di Cina, mayoritas warganya memilih liburan hampir di waktu yang sama. Dan momen yang kerap dipilih untuk melakukan liburan bagi warga Cina adalah pada perayaan tahun baru Cina. Bahkan menurut laporan dari CNN, pada perayaan tahun baru Cina 2015 lalu, sebanyak 2,8 miliar perjalanan dilakukan menggunakan transportasi umum. Dan kalau memperhitungkan jumlah perjalanan yang dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, angkanya melonjak menjadi 3,7 miliar. Itu hanya terjadi dalam kurun 40 hari. Tak heran kalau CNN menyebutnya sebagai migrasi terbesar di muka bumi.


5. Siaran TV sama di jam 7 malam

Ada yang masih ingat dengan program Dunia dalam Berita di TVRI pada zaman dulu? Nah hal ini juga ternyata berlaku di negara Cina. Setiap pukul 7 malam, maka semua stasiun TV di negara Cina akan menayangkan program berita yang disiarkan oleh China Central Television, televisi milik pemerintah. Dan program ini telah berjalan sejak tahun 1978. Semoga informasi ini bermanfaat serta menambah pengetahuan untuk para traveller yang ingin berkunjung ke Negeri Panda, China.




Untuk Info lebih lanjut mengenai pembelajaran bahasa Mandarin dan Program Bea siswa Full ke China dapat menghubungi :

Admin : +6285266840608

Admin : +6285266101952

WEB : www.Bamboocyberschool.com

Instagram : Bamboocyberschool

Facebook : Bamboocyberschool

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Jepang, AS, Korsel Diskusikan Pergerakan Mata Uang

Para menteri keuangan Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menyatakan akan terus berkonsultasi erat mengenai perkembangan pasar valuta asing. Komentar tersebut disampaikan setelah mata uang yen

Kommentarer


bottom of page